Saturday, June 8, 2013

Beberapa Alasan Harus Berasuransi


alasan berasuransi
Hidup seperti telur

            Hidup manusia penuh dengan misteri. Ia tidak tahu apa yang akan terjadi pada dirinya dan keluraganya. Itu karena manusia tidak mengetahui sesuatu yang ghaib. Jika ada yang mengklaim memiliki pengetahuan tetang perkara yang ghaib secara pasti, kecuali mereka-reka dan menebak-nebak, maka ia pasti pembohong. Ghaib artinya sesuatu yang tidak nyata, bisa berupa alam lain, atau peristiwa yang akan terjadi. Sesuatu yang ghaib itu wajib diimanai oleh manusia beragama, apalagi yang mengaku muslim. Coba aja perhatikan berapa ratus atau ribu kali Kiamat diramal, tapi tak satu pun terbukti, karena mereka hanya memprediksi dan mereka-reka.
            Karena pengetahuan tentang sesuatu yang akan dan belum terjadi itu merupakan misteri dan tidak diketuhi secara pasti oleh mansuia, maka manusia harus berikhtiar sebaik mungkin untuk mempersiapkan kemungkinan yang akan terjadi pada diri dan keluarga atau harta benda. Sebab agama pun tidak menghendaki seseorang meninggalkan keluarganya dalam keadaan terlantar. Inilah yang mendasari perlunya berasuransi.
            Bayangkan jika seseorang yang memiliki keluarga yang masih perlu pendidikan tiba-tiba ia mengalami resiko kecelakaan, terkena penyakit mendadak dan harus dirawat di rumah sakit, betapa ia akan menjadi beban bagi keluaganya dan betapa keluarganya akan menjadi gundah gulana dan kebingunan mencari biaya hidup dan bahkan biaya rumah sakit? Apalagi jika ia merupakan tulang punggung keluarganya.
            Nah inilah yang dinamakan resiko hidup yang harus ditanggung oleh orang yang hidup. Tetapi bagaimana jika ia tidak memiliki kemampuan dan persiapan untuk menghadapi resiko tersebut? Apalagi jika biaya yang diperlukan banyak dan berkelanjutan? Maka di sini perlu seseorang bersikap obyektif dan berpikir jernih,sehingga ia perlu mengalihkan resiko tersebut kepada pihak yang mau mengambil alihnya. Dalam hal ini ialah Perushaan Asuransi Jiwa.
Berikut ini beberapa alasan yang melatarbelakangi seseorang mengambil keputusan mengikuti asuransi, yaitu:
-           Asuransi memberi jaminan perlindungan apabila terjadi musibah (bencana), seperti rumahterbakar, kecelakaan, atau sakit yang perlu perawatan intensif dan biaya tinggi.
-           Memberikan ketenangan baik bagi anda maupun keluarga tercinta. Sebab, apabila terjadi bencana yang tidak diinginkan dan secara tiba-tiba perusahaan asuransi mengambil alih tanggung jawab atas apa yang diakibatkan oleh bencana tersebut, lebih-lebih resiko yang dihadapi korban atau tertanggung itu cukup berat, seperti penyakit jantung, stroke, kanker yang tentunya  membutuhkan biaya perawatan yang besar, yang bila tidak mengikuti asuransi dia dan keluarganya bisa-bisa menjual asset yang ada untuk biaya berobat atau bniaya hidup keluarga yang ditinggalkan. Maka asuransi kesehatan bisa menjadi solusi menghadapi kondisi-kondisi semacam ini.
-          Asuransi memberikan mendidik anda untuk bersikap bijak dalam mengelola keuangan. Sebab dengan mengikuti asuransi, anda berarti menabung dengan nilai plus untuk jaminan masa akan datang bagi anda dan keluarga. Ia bisa menjadi   “jalan keluar” masalah keuangan saat sakit, hingga menutupi ongkos hidup sehari-hari. Sebab, dengan berbagai fasilitas pilihan
asuransi, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan di saat-saat kritis tersebut. palagi, Anda juga bisa mengatur berapa biaya yang diinvestasikan di asuransi sehingga benar-benar bisa mengatur pengeluaran lebih mudah. Ditambah lagi, jika Anda memiliki asuransi jiwa, saat meninggal, keluarga Anda pun tak akan telantar karena sudah mendapat dana talangan untuk biaya hidup.
-          Asuransi membantu menikmati masa tua yang lebih baik. Terutama bagi karyawan yang mengandalkan pemasukan dari gaji bulanan. Bagaimana ia ketika telah pensiun kemudian gajinya tidak lagi utuh, sementara ia tidak memiliki sumber penghidupan lainnya. Untuk berwiraswasta pun tidak berani karena takut gagal dan tidak terbiasa. Maka di sini sebagai solusinya ia dapat merencanakan tabungan pensiun plus paket asuransi kesehatan akan membuat  masa pensiun lebih menyenangkan.
-          Dengan mengikuti asuransi pendidikan bagi putra puti anda, tentu sangat membantu untuk kelangsungan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga kelak anda dan putra putri anda akan bangga karena mereka dapat bersekolah dan menjadi anak yang terdidik dan berguna.
Itulah berbagai alasan dalam mengikuti program asuransi dengan berbagai variannya. Diperlukan pemikiran yang realistis dan jangka panjang untuk mengambil keputusan sebagai peserta asuransi dengan bijak sesuai kebutuhan.

No comments:

Post a Comment