Menurut Adira, “Proses pengajuan dan
proses klaim di Adira Insurance secara keseluruhan cukup sederhana.” Yaitu dengan hanya mengisi formulir klaim dan
melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan selanjutnya tim survey dari Adira
Insurance akan menganalisa klaim yang diajukan untuk kesesuain kondisi
pertanggungan
Namun yang perlu dicermati oleh
pemegang polis ialah apakah kerugian yang diklaim itu tertera jaminannya di
dalam polis, sehingga anda tidak salah kaprah dan buang-buang waktu. Apakah
kerugian yang anda alami merupakan partial loss (kerugian sebagian) atau Total
Loss (kerugian keseluruhan) dimana hal tersebut berpengaruh pada jumlah
pertanggungan yang diberikan.
Kedua: Prosedur pengajuan Klaim
Asuransi:
Gambar berikut merupakan prosedur yang
dapat ditemupuh dalam pengajuan asuransi di Adira Insurance:
Hendaknya anda melaporkan kerugian yang dialami dalam tenggang waktu 5 hari kerja sejak terjadinya musibah kerugian, yaitu bisa melalui cara-cara ini:
Hendaknya anda melaporkan kerugian yang dialami dalam tenggang waktu 5 hari kerja sejak terjadinya musibah kerugian, yaitu bisa melalui cara-cara ini:
- Mendatangi kantor pelayanan Adira Insurance terdekat.
- Melalui ke Adira Care 500456 (tambahkan kode area bagi pengguna ponsel).
- Via sms ke SMS Channel 0812 111 3456.
- Mengunjungi website resemi Adira di http://www.asuransi.adira.co.id dan mengisi Formulir Laporan Klaim yang tersedia.
- Siapkanlah dokumen pelaporan sesuai dengan jenis kerugian yang Anda alami (lihat Daftar Dokumen Pendukung Klaim). Segeralah menyerahkan dokumen klaim secara lengkap agar klaim yang diajukan dapat segera diproses.
- Di Antara jenis klaim diperlukan survey terhadap objek pertanggungan untuk melihat kondisi objectif dari kerugian yang dialami dan penyebabnya serta memperkirakan jumlah kerugian yang dialami pelanggan.
- Apabila semua presudur sudah ditempuh dan dokumen telah lengkap, tim Adira Insurance akan menganalisa lebih lanjut klaim yang ada untuk menentukan ganti rugi dan proses ganti ruginya.
- Proses penggantian kerugian dilakukan sesuai dengan jenis kerugian yang dialami.
Dokumen Klaim Yang Dibutuhkan
Untuk seluruh jenis klaim yang Anda
ajukan, Anda diminta untuk menuangkan kronologisnya dalam Formulir Laporan
Kerugian yang akan diberikan oleh petugas Adira Insurance. Sebagai persetujuan,
Anda wajib menanda tangani formulir tersebut.
Untuk asuransi kendaraan bermotor,
dokumen pendukung pelaporan klaim adalah sebagai berikut :
- Salinan SIM yang masih berlaku
- Salinan STNK yang masih berlaku
- Dokumen lain yang disesuaikan dengan jenis klaim yang diajukan
Untuk dokumen pendukung lainnya
mengacu kepada kebijakan masing-masing jeni
No comments:
Post a Comment